Blogger templates

Map

3 Des 2012

5. DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER


PENDAHULUAN
Komputer telah menjadi salah satu orang penemuan paling menakjubkan dan bermanfaat yang pernah dibuat. Ia telah merevolusi cara orang melakukan hal itu. Cara dia makan, minum, tidur dan bahkan berpikir. Dan seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan tersebut yang kita lakukan tidak bisa lepas dari komputer, hampir segala bidang menggunakan komputer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan komputer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain. Dari sedikit penjelasan diatas komputer itu sendiri telah berkembang selama bertahun-tahun. Dari Eniac I kepada para palmtops tangan-diadakan di tangan eksekutif `hari ini, komputer telah berubah dengan teknologi. Dan itu telah mengubah hidup kita juga.
Fasilitas – fasilitas yang disediakan komputer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah komputer beroperasi?.
Pemrosesan komputer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah komputer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah komputer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user. Dalam bahasan ini akan di jelaskan beberapa hal mengenai dasar - dasar pemrosesan komputer.
Batasan Masalah
Agar pembahasan masalah mengenai “Dasar Pemrosesan Komputer “, tidak meluas maka penulis telah membuat batasan – batasan yang akan di bahas dalam makalah ini antara lain sebagai berikut :
1.      Peralatan Input Komputer
2.      Pemrosesan Komputer
3.      Penyimpanan Komputer
4.      Peralatan Output Komputer
5.      Arsitektur Komputer
6.      Software Komputer
7.      Peranan I/O & software dalam pemecahan masalah

A.     PERALATAN INPUT
Alat input adalah alat yang digunakan dalam menerima input. Input adalah energi yang di masukan ke dalam suatu system. Alat input di golongkan menjadi 5 golongan antara lain :
a.       Keyboard ( input huruf )
Keyboard adalah alat input yang paling umum dan banyak di gunakan. Input di masukan kea lat proses dengan cara mengetikkan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard.
b.      Pointing Device ( alat penunjuk )
Pointing device biasanya di gunakan untuk pembuatan grafik atau gambar dengan pointing device user akan mudah untuk mengontrol objek sesuai dengan yang di kehendaki.
Contoh pointing device antara lain :
-          Mouse
-          Track Ball
-          Touch Screen
-          Light Pen
-          Joy Stick
c.       Scanner ( pembaca optis )
Alat input ini bekerja dengan cara menyinari suatu objek di atas data photo electric di sebelah unit pembaca optis (scanner).
d.      Voice recognize
Voize recognizer adalah alat input yang digunakan agar kita bisa menginputkan suara ke dalam computer dan bisa di simpan sebagai data digital.

B.     PEMROSESAN KOMPUTER
Alat pemrosesan computer adalah alat di mana instruksi – instruksi program di peruses untuk mengolah data yang sudah di masukan lewat alat input dan hasilnya akan di tampilkan di alat output . Alat pemroses terdiri dari central processor atau CPU dan main memory.
1.      CPU ( Central Processing Unit ), Cpu merupakan tempat pemrosesan instruksi – instruksi program. Cpu terdiri dari dua bagian utama yaitu unit pengendali (control unit) dan ALU ( Algoritma Logic Unit).
2.      Main Memory, Main memory adalah tempat penyimpanan data hasil pemrosesan yang di lakukan oleh CPU . Bagian dari Main memory adalah RAM ( Random Access Memory) dan ROM ( Read Only Memory). Main memory tergolong dalam primary storage atau internal storage.
C.     PENYIMPANAN KOMPUTER
Penyimpanan computer terdiri dari Primary Storage dan Secondary Storage.
o   Primary Storage adalah media penyimpanan internal yang berkapasitas sangat kecil dan hanya menjadi tempat penyimpanan data sementara.
o   Secondary Storage adalah memory yang berkapasitas besar dan di gunakan sebagai media penyimpanan data yang sedang tidak di gunakan.

Jenis-jenis Memori
Jenis Definisi
o   RAM Random Access Memory, jenis memori yang dimaksud oleh sebagian besar orang adalah “memori”.Program komputer dan data dimasukkan ke dalam RAM untuk dilaksanakan oleh prosesor komputer.
o   ROM Read-only memory tidak dapat diganti oleh pemakai dan tidak berpengaruh oleh pemadaman daya listrik. ROM menyimpan memori yang digunakan oleh prosesor saat komputer dinyalakan.
o   DRAM Dynamic RAM. Memungkinkan buttering data (penyimpanan sementara saat bit-bit sedang bergerak didalam prosesor) saerta meningkatkan efisiensi RAM.
o   SDRAM Synchronous DRAM, bergerak lebih cepat daripada sebagian besar memori konvensional karena menyelaraskan siklusnya dengan siklus prosesor.
o   SIMM Singgle in-line memory module yang memegang satu set 9 chip memori untuk pemeriksaan kesalahan.
o   DIMM Dual in line memory module, mentransmisikan 64 bit data persiklus.
Penyimpanan Ada beberapa jenis media penyimpanan untuk komputer dan masing-masing memiliki karakteristik berbeda yang membuatnya lebih cocok untuk tugas-tugas tertentu. Media penyimpanan biasanya nerbentuk pita atau disk. Perangkat keras komputer tang membaca dari dan menulis ke medium itu disebut drive. Motor di dalam perangkat keras komputer menggerakan medium sehinnga data dapat dibaca dari dan ditulis ke berbagai lokasi.

o   Penyimpanan yang dapat dipindahkan dan Kapasitas Penyimpanannya :

1.      Floppy disk 3 ¼ inci menyimpan 1.44 MB data
2.      Zip disk dapat menyimpan 100 MB atau 250 MB.
3.      Jaz Disk menyimpan 2 GB data
4.      CD menyimpan 650 MB
5.      DVD menyimpan 5 GB sampai 20 GB
6.      Flash Disk Menyimpan sampai 32 GB
o   Penyimpanan Primer Ukuran kapasitas penyimpanan primer :
Satuan Ekivalen Keterangan
1.      Byte 8 bit Untuk menyimpan sebuah karakter pada sistem ASCII atau EBCDIC.
2.      Kilobyte 1024 byte Awal PC hanya memiliki memori 640 byte.
3.      Megabyte 1024 KB Memori PC pd saat ini berkisar antara 64 – 256 Megabyte.
4.      Gigabyte 1024 MB Ukuran hard disk yang digunakan berkisar antara 20 – 40 gigabyte.
5.      Terabyte 1024 GB Database yang sangat besar.
6.      Pentabyte 1024 TB Penggunaan di masa datang.

o   Bentuk Penyimpanan Sekunder :

1.      RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
2.      ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang.
3.      Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.

Dibawah ini beberapa penjelasan singkat dari keteranga diatas bisa disimpulkan sebagai berikut alat penyimpan sekunder :
PENYIMPANAN SEKUNDER
1.      Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
2.      Hard Disk : Removable dan Non removable
3.      Floppy Disk
4.      Piringan Optik : CD, DVD
5.      USB Flash Disk
6.      Smart Card
7.      Kartu memori

D.     PERALATAN OUTPUT KOMPUTER
Adalah alat yang di gunakan untuk menampilkan atau mengeluarkan hasil proses yang di lakukan oleh computer. Bentuk output dapat di tampilkan dalam berbagai bentuk antara lain :
a.       Output yang ditampilkan, Peralatan output yg paling terkenal dgn pemakai akhir (end user) adalah Display Screen yg disebut CRT yg dikemas dgn keyboard. *Kelemahan dari layar tampilan yaitu : ketidak mampuan untuk menghasilkan kopi pada kertas, yang disebut Hard copy.
b.      Output yang Di Cetak, Peralatan output yang disebut printer menghasilkan hard copy.
c.       Output Grafik, Beberapa pemakai komputer pertama, seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output grafik. *Peralatan khusus yg disebut plotter yg disambungkan dgn CPU ataupun beroperasi secara offine, dpt menghasilkan output grafik pd ukuran normal atau pd kertas yg besar.
d.      Output Mikrofilm, Komputer dapat menggunakan unit Computer Output Microfilm (COM) untuk menciptakan microfilm ataupun microfiche. *Mikrofilm viewer offine khusus digunakan untuk menampilkan dokumen yang difilmkan tersebut. *Microfilm printer dpt digunakan untuk menghasikan hard copy.
e.       Output Kartu Berlubang, Beberapa konfigurasi komputer yang lebih besar menerapkan card punch unit yang membuat kartu berlubang.
f.       Output Audio, Audio response unit dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer dapat di dengar.

E.     ARSITEKTUR KOMPUTER
Central Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit system computer dan mengubah input menjadi output. Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem. Misalnya prosesor dan arithmetic and logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika serta mengolah isi penyimpanan primer. Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.

F.      SOFWARE KOMPUTER
Software computer terbagi menjadi dua katagori yang pertama adalah software sistem operasi (OS) dan aplikasi, adapun pengertian-nya adalah sebagi berikut :



1.      Sistem Operasi
Adalah kumpulan program-program komputer yang berfungsi sebagai penghubung perangkat lunak antara pemakai dengan perangkat keras. Contoh sistem operasi adalah DOS, WINDOWS. Sistem operasi mempunyai tiga fungsi antara lain:
o   Pengamanan
Yaitu dengan menyediakan pengamanan yang ekstensif yang membatasi akses ke sistem dan sumber-sumbernya, memproteksi file dan memori.

o   Alokasi Sumber Daya Sistem Komputer
Yaitu dengan membuat Multi-pemrograman, suatu teknik sistem operasi umum yang memungkinkan dua atau lebih program dilaksanakan bersamaan dalam satu komputer.

o   Fasilitas Perangkat Lunak bagi Program-Program Aplikasi Pemakai
Yaitu menjadi dasar untuk dapat dijalankannya program-program aplikasi. Program aplikasi tidak akan dapat dijalankan tanpa adanya sistem operasi.

2.      Aplikasi
Yaitu program yang dikembangkan (sendiri, atau dibeli dari pemasok luar) untuk memenuhi kebutuhan tertentu pemakai. Yang termasuk aplikasi antara lain :
o   Pemrosesan kata
o   Spreadsheets
o   Database
o   Aplikasi numeric
o   Aplikasi pendukung keputusan
o   Aplikasi perancangan
o   Aplikasi Akuntansi

G. PERANAN I/O & SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
o   Peralatan input dan output penting bagi manager terutama dalam memberikan komunikasi antara manager dengan komputer.
o   Peralatan input, seperti unit MICR dan OCR memberikan cara untuk memasukkan data kedalam database, baik ketika terjadi transaksi atau tak lama kemudian.
o   Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah secara tidak langsung.
o   Manager akan meminta anggota staf untuk mengumpulkan informasi dari rekaman microfilm dan kemudian menampilkan ringkasannya dalam bentuk laporan tertulis.


KESIMPULAN

Koponen dalam suatu komputer saling berhubungan antara 1 dan lain seperti contohnya komputer tidak akan berjalan bila tidak ada hardisknya atau tidak ada memory nya, dan juga koputer memerlukan input untuk mengeluarkan output yang kita inginkan.

Source :

0 comments:

Posting Komentar