PENDAHULUAN
Komputer telah menjadi salah satu
orang penemuan paling menakjubkan dan bermanfaat yang pernah dibuat. Ia telah
merevolusi cara orang melakukan hal itu. Cara dia makan, minum, tidur dan
bahkan berpikir. Dan seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan tersebut
yang kita lakukan tidak bisa lepas dari komputer, hampir segala bidang
menggunakan komputer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia
kerja yang menggunakan komputer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain.
Dari sedikit penjelasan diatas komputer itu sendiri telah berkembang selama
bertahun-tahun. Dari Eniac I kepada para palmtops tangan-diadakan di tangan
eksekutif `hari ini, komputer telah berubah dengan teknologi. Dan itu telah
mengubah hidup kita juga.
Fasilitas – fasilitas yang
disediakan komputer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa
saja dan bagaimana sebuah komputer beroperasi?.
Pemrosesan komputer merupakan
dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah komputer bekerja dan apa saja yang
di perlukan sebuah komputer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user.
Dalam bahasan ini akan di jelaskan beberapa hal mengenai dasar - dasar
pemrosesan komputer.
Batasan Masalah
Agar pembahasan masalah mengenai
“Dasar Pemrosesan Komputer “, tidak meluas maka penulis telah membuat batasan –
batasan yang akan di bahas dalam makalah ini antara lain sebagai berikut :
1. Peralatan Input Komputer
2. Pemrosesan Komputer
3. Penyimpanan Komputer
4. Peralatan Output Komputer
5. Arsitektur Komputer
6. Software Komputer
7. Peranan I/O & software dalam
pemecahan masalah
A.
PERALATAN INPUT
Alat input adalah alat yang
digunakan dalam menerima input. Input adalah energi yang di masukan ke dalam
suatu system. Alat input di golongkan menjadi 5 golongan antara lain :
a.
Keyboard
( input huruf )
Keyboard adalah alat input yang
paling umum dan banyak di gunakan. Input di masukan kea lat proses dengan cara
mengetikkan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard.
b.
Pointing
Device ( alat penunjuk )
Pointing device biasanya di
gunakan untuk pembuatan grafik atau gambar dengan pointing device user akan
mudah untuk mengontrol objek sesuai dengan yang di kehendaki.
Contoh pointing device antara
lain :
-
Mouse
-
Track
Ball
-
Touch
Screen
-
Light
Pen
-
Joy
Stick
c.
Scanner
( pembaca optis )
Alat input ini bekerja dengan
cara menyinari suatu objek di atas data photo electric di sebelah unit pembaca
optis (scanner).
d.
Voice
recognize
Voize recognizer adalah alat
input yang digunakan agar kita bisa menginputkan suara ke dalam computer dan
bisa di simpan sebagai data digital.
B.
PEMROSESAN KOMPUTER
Alat pemrosesan computer adalah
alat di mana instruksi – instruksi program di peruses untuk mengolah data yang
sudah di masukan lewat alat input dan hasilnya akan di tampilkan di alat output
. Alat pemroses terdiri dari central processor atau CPU dan main memory.
1. CPU ( Central Processing Unit ),
Cpu merupakan tempat pemrosesan instruksi – instruksi program. Cpu terdiri dari
dua bagian utama yaitu unit pengendali (control unit) dan ALU ( Algoritma Logic
Unit).
2. Main Memory, Main memory adalah
tempat penyimpanan data hasil pemrosesan yang di lakukan oleh CPU . Bagian dari
Main memory adalah RAM ( Random Access Memory) dan ROM ( Read Only Memory).
Main memory tergolong dalam primary storage atau internal storage.
C.
PENYIMPANAN KOMPUTER
Penyimpanan computer terdiri dari
Primary Storage dan Secondary Storage.
o Primary Storage adalah media
penyimpanan internal yang berkapasitas sangat kecil dan hanya menjadi tempat
penyimpanan data sementara.
o Secondary Storage adalah memory
yang berkapasitas besar dan di gunakan sebagai media penyimpanan data yang
sedang tidak di gunakan.
Jenis-jenis
Memori
Jenis
Definisi
o RAM Random Access Memory, jenis
memori yang dimaksud oleh sebagian besar orang adalah “memori”.Program komputer
dan data dimasukkan ke dalam RAM untuk dilaksanakan oleh prosesor komputer.
o ROM Read-only memory tidak dapat
diganti oleh pemakai dan tidak berpengaruh oleh pemadaman daya listrik. ROM
menyimpan memori yang digunakan oleh prosesor saat komputer dinyalakan.
o DRAM Dynamic RAM. Memungkinkan
buttering data (penyimpanan sementara saat bit-bit sedang bergerak didalam
prosesor) saerta meningkatkan efisiensi RAM.
o SDRAM Synchronous DRAM, bergerak
lebih cepat daripada sebagian besar memori konvensional karena menyelaraskan
siklusnya dengan siklus prosesor.
o SIMM Singgle in-line memory
module yang memegang satu set 9 chip memori untuk pemeriksaan kesalahan.
o DIMM Dual in line memory module,
mentransmisikan 64 bit data persiklus.
Penyimpanan Ada beberapa jenis
media penyimpanan untuk komputer dan masing-masing memiliki karakteristik
berbeda yang membuatnya lebih cocok untuk tugas-tugas tertentu. Media
penyimpanan biasanya nerbentuk pita atau disk. Perangkat keras komputer tang
membaca dari dan menulis ke medium itu disebut drive. Motor di dalam perangkat
keras komputer menggerakan medium sehinnga data dapat dibaca dari dan ditulis
ke berbagai lokasi.
o Penyimpanan yang dapat
dipindahkan dan Kapasitas Penyimpanannya :
1.
Floppy
disk 3 ¼ inci menyimpan 1.44 MB data
2.
Zip
disk dapat menyimpan 100 MB atau 250 MB.
3.
Jaz
Disk menyimpan 2 GB data
4.
CD
menyimpan 650 MB
5.
DVD
menyimpan 5 GB sampai 20 GB
6.
Flash
Disk Menyimpan sampai 32 GB
o Penyimpanan Primer Ukuran kapasitas
penyimpanan primer :
Satuan
Ekivalen Keterangan
1.
Byte
8 bit Untuk menyimpan sebuah karakter pada sistem ASCII atau EBCDIC.
2.
Kilobyte
1024 byte Awal PC hanya memiliki memori 640 byte.
3.
Megabyte
1024 KB Memori PC pd saat ini berkisar antara 64 – 256 Megabyte.
4.
Gigabyte
1024 MB Ukuran hard disk yang digunakan berkisar antara 20 – 40 gigabyte.
5.
Terabyte
1024 GB Database yang sangat besar.
6.
Pentabyte
1024 TB Penggunaan di masa datang.
o Bentuk Penyimpanan Sekunder :
1.
RAM
(Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile)
karena data akan hilang jika listrik padam.
2.
ROM
(Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile
karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan
hilang.
3.
Cache
Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk
membantu RAM biasa dalam proses data.
Dibawah ini beberapa penjelasan
singkat dari keteranga diatas bisa disimpulkan sebagai berikut alat penyimpan
sekunder :
PENYIMPANAN
SEKUNDER
1. Pita Magnetik : Reel Tape dan
Tape Cartridge
2. Hard Disk : Removable dan Non
removable
3. Floppy Disk
4. Piringan Optik : CD, DVD
5. USB Flash Disk
6. Smart Card
7. Kartu memori
D.
PERALATAN OUTPUT KOMPUTER
Adalah alat yang di gunakan untuk
menampilkan atau mengeluarkan hasil proses yang di lakukan oleh computer.
Bentuk output dapat di tampilkan dalam berbagai bentuk antara lain :
a. Output yang ditampilkan,
Peralatan output yg paling terkenal dgn pemakai akhir (end user) adalah Display
Screen yg disebut CRT yg dikemas dgn keyboard. *Kelemahan dari layar tampilan
yaitu : ketidak mampuan untuk menghasilkan kopi pada kertas, yang disebut Hard
copy.
b. Output yang Di Cetak, Peralatan
output yang disebut printer menghasilkan hard copy.
c. Output Grafik, Beberapa pemakai
komputer pertama, seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output
grafik. *Peralatan khusus yg disebut plotter yg disambungkan dgn CPU ataupun
beroperasi secara offine, dpt menghasilkan output grafik pd ukuran normal atau
pd kertas yg besar.
d. Output Mikrofilm, Komputer dapat
menggunakan unit Computer Output Microfilm (COM) untuk menciptakan microfilm
ataupun microfiche. *Mikrofilm viewer offine khusus digunakan untuk menampilkan
dokumen yang difilmkan tersebut. *Microfilm printer dpt digunakan untuk menghasikan
hard copy.
e. Output Kartu Berlubang, Beberapa
konfigurasi komputer yang lebih besar menerapkan card punch unit yang membuat
kartu berlubang.
f. Output Audio, Audio response unit
dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer
dapat di dengar.
E.
ARSITEKTUR KOMPUTER
Central Processing Unit (CPU)
mengendalikan semua unit system computer dan mengubah input menjadi output.
Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu
sistem. Misalnya prosesor dan arithmetic and logic unit (ALU) merupakan tempat
berlangsungnya operasi perhitungan logika serta mengolah isi penyimpanan
primer. Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan program dan
data saat tidak digunakan.
F.
SOFWARE KOMPUTER
Software computer terbagi menjadi
dua katagori yang pertama adalah software sistem operasi (OS) dan aplikasi,
adapun pengertian-nya adalah sebagi berikut :
1.
Sistem Operasi
Adalah kumpulan program-program
komputer yang berfungsi sebagai penghubung perangkat lunak antara pemakai
dengan perangkat keras. Contoh sistem operasi adalah DOS, WINDOWS. Sistem
operasi mempunyai tiga fungsi antara lain:
o
Pengamanan
Yaitu
dengan menyediakan pengamanan yang ekstensif yang membatasi akses ke sistem dan
sumber-sumbernya, memproteksi file dan memori.
o
Alokasi
Sumber Daya Sistem Komputer
Yaitu
dengan membuat Multi-pemrograman, suatu teknik sistem operasi umum yang
memungkinkan dua atau lebih program dilaksanakan bersamaan dalam satu komputer.
o
Fasilitas
Perangkat Lunak bagi Program-Program Aplikasi Pemakai
Yaitu
menjadi dasar untuk dapat dijalankannya program-program aplikasi. Program
aplikasi tidak akan dapat dijalankan tanpa adanya sistem operasi.
2.
Aplikasi
Yaitu program yang dikembangkan (sendiri,
atau dibeli dari pemasok luar) untuk memenuhi kebutuhan tertentu pemakai. Yang
termasuk aplikasi antara lain :
o Pemrosesan kata
o Spreadsheets
o Database
o Aplikasi numeric
o Aplikasi pendukung keputusan
o Aplikasi perancangan
o Aplikasi Akuntansi
G.
PERANAN I/O & SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
o Peralatan input dan output
penting bagi manager terutama dalam memberikan komunikasi antara manager dengan
komputer.
o Peralatan input, seperti unit
MICR dan OCR memberikan cara untuk memasukkan data kedalam database, baik
ketika terjadi transaksi atau tak lama kemudian.
o Banyak unit output yang digunakan
dalam pemecahan masalah secara tidak langsung.
o Manager akan meminta anggota staf
untuk mengumpulkan informasi dari rekaman microfilm dan kemudian menampilkan
ringkasannya dalam bentuk laporan tertulis.
KESIMPULAN
Koponen dalam suatu komputer
saling berhubungan antara 1 dan lain seperti contohnya komputer tidak akan
berjalan bila tidak ada hardisknya atau tidak ada memory nya, dan juga koputer
memerlukan input untuk mengeluarkan output yang kita inginkan.
Source :
0 comments:
Posting Komentar