Blogger templates

Map

29 Sep 2013

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Dalam melaksanakan dan mengelola perusahaan seorang pemimpin harus mengambil keputusan yang tepat di antara alternatif yang akan diproses. Dalam pengambilan keputusan manajemen membutuhkan informasi yang handal mengenai apa yang akan terjadi di dalam perusahaan. Informasi tersebut dapat dipenuhi dengan adanya sistem informasi akuntansi yang telah dirancang dan direncanakan dengan baik sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Pengertian sistem informasi akuntansi menurut Dasaratha V. Rama (2008:6) adalah: ...suatu subsistem dari sistem informasi manajemen yang menyediakan informasi akuntansi dan keuangan, juga informasi lain yang diperoleh dari pengolahan rutin atas transaksi akuntansi.
Sedangkan pengertian sistem informasi akuntansi menurut George H. Bodnar dan William S. Hopwood yang dialihbahasakan oleh Julianto Agung Saputra dan Lilis Setiawati (2006:13) adalah: …kumpulan sumber daya seperti manusia dan peralatan yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan data lainnya ke dalam informasi .
            Pengertian sistem informasi akuntansi menurut La Midjan dan Azhar Susanto (2008:72) adalah: ...kumpulan (integrasi) dari sub sistem/komponen baik phisik maupun non phisik yang saling berhubungan dan bekerjasama satu sama lain secara harmonis untuk mengolah data transaksi yang berkaitan dengan masalah keuangan menjadi informasi keuangan.
            Menurut Marshall B. Romney dalam Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary (2004:10), bahwa Sistem Informasi Akuntansi yang dirancang dengan baik dapat melakukan hal ini dengan cara sebagai berikut:
1.   Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa.
2.   Memperbaiki efisiensi.
3.   Memperbaiki pengambilan keputusan.
4.   Berbagi pengetahuan.


            Dalam perancangan Sistem Informasi Akuntansi untuk suatu perusahaan sangat tergantung selain pada jenis perusahaan, juga organisasi perusahaan berikut aktivitas dan kadang-kadang persepsi manajemen sangat menentukan atas Sistem Informasi Akuntansi yang akan dirancang.

1 komentar:

  1. Ok thanks, ayo mampir di kiper.co.id software cloud akunting buatan anak Indonesia

    BalasHapus