Pembahasan
Informasi (termasuk data) adalah salah satu jenis utama
sumber daya yang tersedia bagi manajer, selain Manusia, Material, Mesin dan
Uang. Sumber daya manusia, material, mesin dan uang digunakan istilah sumber
daya fisik sedangkan Informasi dan data dengan istilah sumber daya konseptual.
Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. Semakin besar
skala operasi perusahaan, manajer semakin mengandalkan informasi dan sangat
mungkin menggangap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling berharga.
Manajemen Informasi
Adalah seluruh aktifitas memperoleh informasi,
menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat (McLeod,
1998)
·
Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan
Ada 2 alasan kenapa
para manajer sekarang ini, memberikan perhatian yang semakin besar terhadap
manajemen informasi.
Alasan pertama:
Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat yaitu:
1.
Pengaruh Ekonomi Internasional
2.
Persaingan Dunia
3.
Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
4.
Batas waktu yang Singkat
5.
Kendala kendala Sosial
Alasan kedua:
Ø
Kemampuan komputer yang semakin baik
Ø
Keberadaan alat untuk memecahkan masalah
Ø
Peranan Manajer dalam Pengelolaan Manajemen
Informasi
Manajer adalah seseorang yang bertanggungjawab untuk
mengarahkan penggunaan segala jenis sumber.
Ketrampilan yang harus dimiliki oleh manajer, yaitu :
1.
Komunikasi
Manajer menerima dan mengirimkan informasi
dalam bentuk lisan dan tertulis.
2. Pemecahan
masalah
Pemecahan masalah sebagai semua kegiatan yang
mengarah pada solusi suatu permasalah. Masalah dianggap sebagai sesuatu yang
buruk , karena sedikit yang menganggap masalah sebagai sesuatu untuk meraih
kesempatan.
Masalah secara negatif sebagai
suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya atau mungkin membahayakan suatu
perusahaan , atau secara positif sebagai sesuatu yang menguntungkan atau
mungkin menguntungkan . Hasil dari aktifitas pemecahan masalah adalah solusi.
Selama pemecahan masalah, manajer terlibat dalam pengambilan keputusan
(Decision Making), yaitu tindakan memilih dari beberapa alternatif tindakan.
Keputusan (Decision) adalah suatu tindakan tertentu yang telah dipilih.
3.
Pemahaman komputer
Memahami komputer yaitu memiliki pengetahuan mengenai komputer yang mencakup pengertian mengenai istilah-istilah komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahan komputer, serta kemampuan menggunakan komputer dsb.
Memahami komputer yaitu memiliki pengetahuan mengenai komputer yang mencakup pengertian mengenai istilah-istilah komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahan komputer, serta kemampuan menggunakan komputer dsb.
4.
Pemahaman
informasi
Memahami informasi yaitu pengetahuan yang meliputi bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah, di mana informasi diolah, dan bagaimana membagikan informasi dengan orang lain.
Memahami informasi yaitu pengetahuan yang meliputi bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah, di mana informasi diolah, dan bagaimana membagikan informasi dengan orang lain.
Dalam pengelolaan
manajemen informasi pada perusahaan , manajer sangatlah berperan penting,
sehingga untuk mendukung hal tersebut manajer harus memiliki beberapa keahlian
dan pengetahuan manajemen.
1.
Keahlian Manajemen
Seorang manajer yang
berhasil banyak memiliki keahlian, tetapi ada dua yang mendasar yaitu
komunikasi dan pemecahan masalah.
a.
Keahlian komunikasi
Manajer menerima dan mengirimkan informasi dalam bentuk lisan dan tertulis. Komunikasi tertulis meliputi laporan, surat, memo, e_mail dan terbitan berkala. Komunikasi lisan terjadi saat rapat, menggunakan telpon,voice mail,meninjau fasilitas, makan bisnis, dan kunjungan sosial.
Manajer menerima dan mengirimkan informasi dalam bentuk lisan dan tertulis. Komunikasi tertulis meliputi laporan, surat, memo, e_mail dan terbitan berkala. Komunikasi lisan terjadi saat rapat, menggunakan telpon,voice mail,meninjau fasilitas, makan bisnis, dan kunjungan sosial.
b.
Keahlian Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah (Problem Solving) sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalah. Masalah dianggap sebagai sesuatu yang buruk , karena sedikit yang menganggap masalah sebagai sesuatu untuk meraih kesempatan.
Masalah secara negatif sebagai suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya atau mungkin membahayakan suatu perusahaan , atau secara positif sebagai sesuatu yang menguntungkan atau mungkin menguntungkan . Hasil dari aktifitas pemecahan masalah adalah solusi. Selama pemecahan masalah, manajer terlibat dalam pengambilan keputusan (Decision Making), yaitu tindakan memilih dari beberapa alternatif tindakan. Keputusan (Decision) adalah suatu tindakan tertentu yang telah dipilih.
Pemecahan masalah (Problem Solving) sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalah. Masalah dianggap sebagai sesuatu yang buruk , karena sedikit yang menganggap masalah sebagai sesuatu untuk meraih kesempatan.
Masalah secara negatif sebagai suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya atau mungkin membahayakan suatu perusahaan , atau secara positif sebagai sesuatu yang menguntungkan atau mungkin menguntungkan . Hasil dari aktifitas pemecahan masalah adalah solusi. Selama pemecahan masalah, manajer terlibat dalam pengambilan keputusan (Decision Making), yaitu tindakan memilih dari beberapa alternatif tindakan. Keputusan (Decision) adalah suatu tindakan tertentu yang telah dipilih.
2.
Pengetahuan manajemen
Ada dua jenis
pengetahuan manajer yang merupakan kunci di dalam manajemen informasi
menggunakan komputer yaitu : Mengerti
komputer dan mengerti informasi.
Mengerti komputer yaitu pengetahuan mengenai komputer yang
mencakup pengertian mengenai istilah-istilah komputer, pemahaman mengenai keunggulan
dan kelemahan komputer, serta kemampuan menggunakan komputer dsb.
Mengerti informasi yaitu pengetahuan yang meliputi bagaimana
menggunakan informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah, di mana
informasi diolah, dan bagaimana membagikan informasi dengan orang lain.
2.1. Manajer
dan Sistem
Ahli-ahli manajemen sering mengatakan bahwa seorang manajer harus memandang organisasinya sebagai suatu sistem.
Ahli-ahli manajemen sering mengatakan bahwa seorang manajer harus memandang organisasinya sebagai suatu sistem.
A.
Pengertian Sistem
Sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang saling terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Suatu oerganisasi seperti perusahaan atau area fungsional dalam perusahaan ( Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Manufaktur, dll) cocok dengan definisi ini.
Sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang saling terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Suatu oerganisasi seperti perusahaan atau area fungsional dalam perusahaan ( Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Manufaktur, dll) cocok dengan definisi ini.
B.
Elemen Sistem
Sebuah sistem tidak memiliki kombinasi elemen yang sama, tetapi memiliki susunan dasar yang sama. ( Input, Output, Transformasi, Mekanisme pengendalian, Tujuan)
Sebuah sistem tidak memiliki kombinasi elemen yang sama, tetapi memiliki susunan dasar yang sama. ( Input, Output, Transformasi, Mekanisme pengendalian, Tujuan)
Sumber daya Manajemen Informasi :
1.
Sumber daya FISIK : manusia, mesin, material,
uang.
2.
Sumber daya KONSEPTUAL : Informasi (termasuk
data).
Tugas manajer mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan
secara efektif.
Keterampilan adalah kemampuan atau kemahiran di bidang
tertentu.
Keterampilan teknis adalah kemampuan untuk menggunakan
teknik proses atau pengetahuan.. Mereka menghadapi sesuatu.
Sejak manajer kurang dan panduan
lebih, mengelola orang lain dapat memiliki efek korosif pada kemampuan Anda
sendiri.. Banyak manajer menemukan bahwa keterampilan komputer mereka tidak
sebagus orang-orang yang bekerja untuk mereka. Apa yang akan terjadi jika Anda
kehilangan posisi manajerial? Dalam era ini proyek-proyek dan tim, mantan
manajer harus tahu teknologi yang cukup untuk mendapatkan pekerjaan Jika Anda
belum memperbarui keterampilan, kita mulai sekarang.
. Identifikasi suatu daerah dalam sebuah organisasi dan
teknologi khusus sendiri.. Jelaskan bagaimana Anda akan dapat tetap up-to-date
teknologi.
Sistem Manajemen
Perusahaan
Manajemen dimulai dengan defenisi
yang kompleks dan mencakup aspek-aspek penting pengelolaan, sehingga manajemen
adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan
usaha-usaha para anggotaorganisasi dan penggunaan sumber daya organisasi
lainnya agar mencapai tujuanorganisasi yang telah ditetapkan melalui kerja sama
dengan orang lain.Jadi, manajemen didefinisikan sebagai proses karena semua
manajer,tanpa harus memperdulikan keterampilan para manajer, sehingga
harusmelaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu yang saling berkaitan untuk
mencapaitujuan-tujuan yang mereka inginkan.Para ahli sepakat (Wickham Skinner,
1969) bahwa terdapat empat fungsi dasar yang dilaksanakan oleh manejer yaitu
Data dan Informasi
Data dan informasi telah
digabungkan dalam pengelompokan jenis-jenis sumber daya , namun keduanya tidak
sama. Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak
berarti bagi pemakai. Informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang
memiliki arti.
Perubahan data menjadi informasi
dilakukan oleh pengolah informasi(information processor). Pengolah Informasi
adalah salah satu elemen kunci dalam sistem koseptual, yang meliputi
elemen-elemen komputer, elemen-elemen non komputer dan kombinasinya.
Komputer sebagai
Elemen dalam Sisitem Informasi
Komputer menjadi suatu pendukung yang penting dalam merubah
suatu data menjadi informasi-informasi yang di butuhkan.
Evolusi Sistem Informasi Berbasis komputer
Evolusi sistem informasi di bagi menjadi 5 yaitu :
1.
Fokus
Awal pada Data
Pada awal perkembangannya (pertengahan abad
dua puluh) penggunaan komputer hanya terbatas untuk aplikasi akuntansi. Nama
yang diberikan untuk aplikasi akuntansi berbasis komputer adalah pengolahan
data elektronik atau electronic data processing (EDP).
2.
Fokus pada Informasi
Seiring dengan berkembangnya teknologi komputer yang memiliki kemampuan proses yang lebih cepat, maka muncul konsep SIM yang menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen disetiap area fungsional dan level aktivitasnya.
Seiring dengan berkembangnya teknologi komputer yang memiliki kemampuan proses yang lebih cepat, maka muncul konsep SIM yang menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen disetiap area fungsional dan level aktivitasnya.
3.
Fokus pada Pendukung Keputusan
Michael S. Scott Morton, Anthony Gorry dan Peter G. W. Keen, ilmuwan informasi pada Massachusetts Institute of Technology (MIT) memformulasikan konsep yang disebut sistem pendukung keputusan atau decision support system (DSS).
Michael S. Scott Morton, Anthony Gorry dan Peter G. W. Keen, ilmuwan informasi pada Massachusetts Institute of Technology (MIT) memformulasikan konsep yang disebut sistem pendukung keputusan atau decision support system (DSS).
4.
Fokus pada Komunikasi
Pada saat DSS berkembang , perhatian juga difokuskan pada aplikasi komputer yang lain : otomatisasi kantor atau office automation (OA). OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik.
Pada saat DSS berkembang , perhatian juga difokuskan pada aplikasi komputer yang lain : otomatisasi kantor atau office automation (OA). OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik.
5.
Fokus
pada Konsultasi
Saat ini sedang berlangsung gerakan untuk menerapkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), bagi masalah-masalah bisnis. Ide dasar dari AI adalah bahwa komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia. Bagian khusus dari AI, yaitu sistem pakar atau expert system (ES), mendapat paling banyak perhatian. Sistem pakar adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu area.
Saat ini sedang berlangsung gerakan untuk menerapkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), bagi masalah-masalah bisnis. Ide dasar dari AI adalah bahwa komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia. Bagian khusus dari AI, yaitu sistem pakar atau expert system (ES), mendapat paling banyak perhatian. Sistem pakar adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu area.
Upaya Pencapaian
Sistem Informasi Berbasis Komputer
Upaya agar dapat tercapainya sistem ini adalah kita harus
dapat melakukan fase-fase yaitu :
·
Perencanaan
·
Analisis dan desain
·
Implementasi
·
Operasi dan kontrol
Sumber : http://emeliadesriyanti.blogspot.com/2012/10/pengenalan-pada-manajemen-informasi.html
0 comments:
Posting Komentar